Apa Itu Crowd Control Mobile Legends

Player ML Wajib Tau! Mengenal Apa Itu Crowd Control di Mobile Legends

Bagi pemain game MOBA, pasti sudah nggak asing dengan istilah Crowd Control atau CC, bukan? Tapi ternyata masih banyak banget nih yang belum tahu mengenai apa itu Crowd Control. Padahal istilah Crowd Control sendiri sangat penting untuk dimengerti oleh para pemain game MOBA, salah satunya game Mobile Legends.

Nah, pada kesempatan kali ini, UniPlay.id ingin membahas mengenai apa itu Crowd Control di Mobile Legends. Jadi kalau kamu adalah salah satu orang yang belum memahami apa itu Crowd Control, langsung aja simak artikel di bawah ini ya!

Daftar Isi

Apa Itu Crowd Control di Mobile Legends?

Crowd Control adalah kemampuan dari hero atau item yang mampu memberikan efek membatasi, mengendalikan, mengurangi, hingga menghentikan kemampuan lawan.

Biasanya, hero-hero Crowd Control didominasi oleh hero Mage ataupun hero Tank yang memang mengandalkan skill miliknya dalam pertempuran.

Crowd Control sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang mana setiap jenis tersebut akan memberikan efek yang berbeda terhadap lawan yang menerimanya. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa jenis Crowd Control yang ada di Mobile Legends.

1. Stun

Stun

Salah satu efek Crowd Control yang paling sering ditemui adalah Stun. Stun adalah efek yang dihasilkan oleh serangan lawan dan membuat kamu tidak bisa bergerak untuk beberapa saat.

Tentu saja efek ini sangat berguna pada saat ingin melakukan war atau ganking terhadap lawan. Dengan memberikan stun terhadap lawan, maka lawan tersebut akan sulit untuk melarikan diri.

Nah, ada banyak hero di Mobile Legends yang memiliki skill Stun, salah satunya adalah hero Eudora yang mampu menghentikan pergerakan lawan dengan skill Ball Lightning.

2. Slow

Slow

Selain Stun, efek Crowd Control lainnya yang sangat menyebalkan adalah Slow. Sesuai dengan namanya, Slow ini akan membuat pergerakan lawan menjadi lambat.

Karena pergerakannya menjadi lambat, tentu saja akan membuat lawan sulit untuk melarikan diri. Hero-hero yang bisa memberikan efek Slow di Mobile Legends contohnya seperti Estes, Nana, hingga Yve.

3. Immobilize

Immobilize

Immobilize adalah efek Crowd Control yang bisa mencegah atau menahan pergerakan lawan untuk tetap berada di suatu tempat. Jika lawan terkena efek Immobilize, hero lawan tidak akan bisa bergerak dan menggunakan skill miliknya.

Salah satu hero Support yang punya kemampuan Immobilize hebat adalah Angela. Selain Angela, Odette adalah hero lainnya yang punya kemampuan Immobilize terbaik di Mobile Legends.

4. Knock Up/Knock Back

Knock Up dan Knock Back

Sesuai dengan namanya, Knock Up atau Knock Back adalah memberikan efek Airborne atau terpental kepada lawan. Salah satu hero yang bisa memberikan efek Knock Up maupun Knock Back adalah Jawhead.

Efek Knock Up maupun Knock Back berguna untuk melempar atau mendorong lawan ke arah anggota tim atau melemparnya untuk menjauhi lawan yang berusaha mengejar.

5. Silence

Silence

Silence adalah salah satu efek Crowd Control yang cukup menyebalkan. Efek ini akan membuat lawan tidak bisa menggunakan skill mereka namun mereka tetap bisa bergerak dan hanya bisa menyerang menggunakan Basic Attack.

Salah satu hero yang punya kemampuan Silence adalah hero Assassin terkuat di Mobile Legends, yaitu Helcurt. Dengan kemampuannya tersebut, Helcurt bisa menyerang lawan tanpa takut lawan tersebut menggunakan skill miliknya.

Helcurt sendiri bisa kamu dapatkan seharga 32.000 BP atau 599 Diamonds, jadi pastikan bahwa kamu sudah melakukan top up diamond Mobile Legends agar bisa memiliki Helcurt ya!

6. Taunt

Taunt

Ketika berhadapan dengan hero Tank seperti Gatotkaca, pernah nggak sih kamu tertarik ke arahnya pada saat ia menggunakan skill Unbreakable (Skill 2)? Nah, efek tertarik tersebut dinamakan sebagai Taunt.

Lawan yang terkena efek Taunt tidak akan bisa menggerakkan hero mereka. Selain Gatotkaca, Belerick adalah hero lainnya yang bisa memberikan efek Taunt terhadap lawan.

7. Suppress

Suppress

Jenis Crowd Control yang paling mematikan adalah Suppress. Berbeda dengan jenis Crowd Control sebelumnya yang masih bisa dibatalkan dengan spell Purify atau skill untuk menghilangkan efek Crowd Control, efek Suppress ini tidak bisa dibatalkan oleh spell atau skill apapun.

Hero lawan yang terkena efek Suppress tidak akan bisa bergerak dan menggunakan skill miliknya. Hero-hero yang dibekali dengan kemampuan Suppress antara lain adalah Franco, Kaja, dan Barats.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu Crowd Control dan beberapa jenis Crowd Control di Mobile Legends yang harus kamu ketahui. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: