Esmeralda

Build Esmeralda Tersakit 2021, 1 Vs 5? Nggak Masalah!

Esmeralda merupakan salah satu hero Mage/Tank yang memiliki kemampuan mematikan sekaligus unik di Mobile Legends Bang Bang. Salah satu kemampuan unik yang di miliki oleh Esmeralda ada kemampuan untuk mengubah HP lawan menjadi Shield bagi Esmeralda.

Esmeralda sendiri dikisahkan sebagai seorang Astrolog yang tinggal di daerah Western Desert dengan tugas menjaga kedamaian Starmoon Casket. Terlepas dari kisahnya, Esmeralda termasuk kategori hero Mage/ Tank yang kuat sebab mampu menggunakan Magical dan Physical Damage. 

Bahkan dikarenakan kemampuannya yang mematikan, Esmeralda kerap menjadi langganan banned ketika draft-pick berlangsung. Karena jika ada user yang tepat menggunakan Esmeralda, kesempatan Kamu untuk memenangkan pertandingan bisa jadi sangat tipis.

Nah, pada kesempatan kali ini, UniPlay.id mau memberikan rekomendasi build Esmeralda tersakit 2021 di Mobile Legends Bang Bang. So, buat Kamu yang mau top up diamond untuk membeli skin dari Esmeralda, lebih baik Kamu  simak ulasan yang satu ini dulu nih!

Daftar Isi

A. Esmeralda, Hero Mage/ Tank Dengan Kemampuan Unik dan Mematikan

Esmeralda, Hero Mage-Tank Unik dan Mematikan
Esmeralda, Hero Mage-Tank Unik dan Mematikan

Seperti yang penulis sampaikan di awal, Esmeralda dikenal sebagai hero yang mempunyai kemampuan unik sekaligus mematikan. Sebagai salah satu contoh senjata penyerang yang digunakan Esmeralda yaitu Stardust dan Forstmoon dengan rupa seperti selendang dengan lambang bintang dan bulan yang ada pada ujung selendangnya.

Lalu kemampuannya yang dapat merubah HP lawan menjadi Shield tambahan bagi Esmeralda, membuatnya jadi cukup kuat bahkan jika harus bertarung 1 Vs 5 sekalipun. Tapi tentunya dibantu dengan dukungan build yang tepat.

Nah, sebelum Kita membahas build Esmeralda tersakit 2021 di MLBB, akan lebih baik jika Kita mengetahui detail dari skill yang dimiliki oleh Esmeralda Mobile Legends.

B. Penjelasan Mengenai Skill Esmeralda Mobile Legends

Sebagai hero dengan dua role yang hybrid yaitu Mage/ Tank, Esmeralda pastinya dibekali dengan kemampuan khusus yang dapat menjadikannya sebagai hero yang mematikan.

Beberapa skill tersebut antara lain, Starmoon Casket, Forstmoon Shield, Stardust Dance, dan Falling Starmoon.

Skill Pasif: Starmoon Casket

Starmoon Casket
Starmoon Casket

Dengan kemampuan pasif ini, Esmeralda akan memanipulasi Stardust dan juga Forstmoon dimana ia akan memberikan Damage sebanyak dua kali saat melakukan serangan Basic Attack. Kedua Damage tersebut antaralain Physicall dari Stardust dan Magical dari Frostmoon.

Nah, poin unik dari skill pasif ini terletak pada kemampuan Forstmoon dimana ia akan memberikan target sebuah Shield yang setara dengan 135% Damage yang diberikan oleh Frostmoon. Tapi efek Shield tersebut akan berubah menjadi bagian HP Esmeralda pada saat yang bersamaan juga.

Dengan kata lain, Shield tersebut akan kembali diserap oleh Esmeralda bersamaan dengan HP lawan. Oleh Sebab itu, hero yang memiliki kemampuan Absorb cukup beresiko jika berlawanan langsung oleh Esmeralda. Sebab, Absorb yang dihasilkan malah akan menguntungkan Esmeralda.

Skill 1: Frostmoon Shield

Frostmoon Shield
Frostmoon Shield

Dengan skill ini, Esmeralda akan memperoleh 400(+150% Total Magic Power), Shield, dan juga tambahan 40% Movement Speed selama 4 detik. Dan hampir sama dengan skill pasif nya, dengan skill 1 ini, Esmeralda akan menjadikan Shield lawan sebagai Shield untuk dirinya sendiri.

Skill 2: Stardust Dance

Stardust Dance
Stardust Dance

Dengan skill ini, Esmeralda akan mengayunkan Stardust dan Frostmoon secara bersamaan dan akan memberikan 240(+60% Total Physical ATK) dan 240(+90% Total Magic Damage) kepada lawan terdekat. Jika ada target yang berhasil terkena serangan ini, Cooldown dari skill 1 dan ultimate Esmeralda akan berkurang sebanyak 1.3 detik, lalu mengurangi Movement Speed lawan sebesar 10% selama 1.5 detik.

Skill Ultimate: Falling Starmoon

Falling Starmoon
Falling Starmoon

Dengan skill ultimate ini Esmeralda menyatukan kekuatan dari Astrospace ke dalam dua senjatanya yaitu Stardust dan Frostmoon. Semakin lama durasi pengumpulan kekuatannya, maka semakin besar Damage yang dihasilkan.

Jika sudah mencapai level maksimal pengumpulan kekuatan, ia akan melempar Stardust ke arah yang ditentukan dan akan memberikan 350(+90% Total Physical ATK) dan Frostmoon yang menghasilkan 350(+140% Total Magic Power).

Serangan ini juga akan memberikan efek Immobilize pada lawan di area selama 1 detik.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai skill yang dimiliki oleh Esmeralda. So, dari penjelasan tersebut, Kita sendiri dapat merangkai sebuah serangan kombo yang tepat untuk Esmeralda.

jika diurutkan, maka serangan kombo nya seperti ini:

Basic Attack (Untuk Mencicil) > Skill 1 (Untuk memberikan tambahan Movement) > Skill 2 (Damage) > Skill Ultimate (Sebagai Finishing/ mengejar target)

C. Build Esmeralda Tersakit 2021

Rekomendasi Build Esmeralda Tersakit 2021
Rekomendasi Build Esmeralda Tersakit 2021

Untuk rekomendasi build Esmeralda tersakit 2021, Kamu bisa ikuti settingan build yang tertera pada gambar di atas ini ya. Dan berikut ini penjelasan mengenai masing-masing item dari Build Esmeralda tersebut:

  • Warrior Boots: Dengan item boots yang satu ini, Esmeralda akan mendapatkan tambahan Atribut +40% Movement Speed dan pasif unik nya yang akan memberikan +22 Physical Defense.
  • Enchanted Talisman:Dengan item yang satu ini, Esmeralda akan mendapatkan tambahan +50 Magic Power, +250 HP, dan +20% Cooldown Reduction. Lalu ada pasif unik nya yang akan memberikan regenerasi Mana sebesar 15% setiap 10 detik, dan maximal Cooldown Reduction meningkat sebesar 5%.
  • Calamity Reaper: Dengan item ini, setiap Esmeralda mengeluarkan skill, maka basic attack selanjutnya akan menghasilkan Damage yang cukup besar.
  • Holy Crystal: Item ini sangat cocok jika dipadukan dengan kemampuan Esmeralda. Dengan item ini, Esmeralda akan mendapatkan +100 Magic Power. Dan dengan pasif unik nya, Esmeralda dapat memberikan Magic Attack sebesar 21-25%.
  • Brute Force Breasplate: Dengan item ini, Esmeralda akan mendapatkan tambahan +60 Physical Attak, +30 Magical Defense, dan +5% Physical Lifesteal. Lalu, pasif unik dari item ini akan menyerap 510-1350 damage dari serangan hero lawan.
  • Oracle: Dengan item ini Esmeralda akan mendapatkan Shield Absorption dan juga HP Regen sebesar 30%  Dan juga ia akan mendapatkan 850 HP, +42 Magical Defense, dan +10% Cooldown Reduction.

D. Rekomendasi Settingan Emblem yang Tepat Untuk Esmeralda

Custom Support Emblem
Custom Support Emblem

Nah, untuk mendukung kemampuan dari Build Esmeralda tersakit di Mobile Legends, Kamu juga memerlukan settingan emblem yang tepat untuk Esmeralda. Salah satunya settingan Custom Support Emblem.

Custom Magical Emblem
Custom Magical Emblem

Atau Kamu dapat menggunakan settingan dari Custom Mage Emblem.

E. Rekomendasi Battle Spell yang Cocok Untuk Esmeralda

1. Execute

Yang pertama ada Battle Spell Execute dimana Kamu dapat andalkan Spell ini jika menggunakan Esmeralda sebagai Offlaner atau Sidelaner. Dengan Execute ini Kamu akan lebih mudah membunuh lawan tertutama dalam Early Game. 

2. Purify

Diurutan selanjutnya ada Battle Spell Purify. Yaps, dengan Spell ini Esmeralda dapat terbebas dari berbagai serangan Crowd Control yang dapat mengganggu Esmeralda selama war berlangsung. Sebab Esmeralda cukup lemah jika terkena serangan Crowd Control. So, Battle Spell ini sangat cocok jika Kamu menggunakan Esmeralda sebagai Support atau Sidelaner.

3. Flicker

Yaps, yang terakhir ada Battle Spell Flicker. Dengan Battle Spell ini, Kamu bisa melakukan serangan kejutan dengan mudah ataupun melakukan pelarian diri dari kejaran lawan. Walau Esmeralda dapat memanfaatkan Skill 1 ataupun Ultimate-nya untuk mengejar atau melarikan diri dari lawan. Tapi tidak salah juga jika Kamu menggunaka Flicker, dan lebih memanfaatkan skill sebagai media serangan.

Nah, kira-kira seperti itu ya beberapa jenis Battle Spell yang dapat Kamu andalkan ketika bermain dengan menggunakan hero Esmeralda. Dari ketiga Battle Spell tersebut, kira-kira ada yang menjadi andalan Kamu nggak nih?

Okey sampailah Kita di ujung pembahasan hari ini. Itulah beberapa penjelasan singkat dari tips dan rekomendasi build Esmeralda tersakit 2021 di MLBB yang dapat penulis sampaikan. So, kalau Kamu mau top up diamond Mobile Legends untuk membeli hero ataupun skin dari Esmeralda,  setidaknya sekarang Kamu sudah tau tips yang tepat untuk menggunakan hero ini.

Jangan lupa untuk like dan juga share artikel ini ke teman-teman mabar Kamu ya!

Semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: